Pewarta: T. MUHAMMAD RAJA Hp/Wa: 0852-8290-3462
Jumat, Juli 19, 2024, 00.34
Last Updated 2024-07-18T17:34:37Z
Aceh UtaraNANGGROE

Pj Bupati Aceh Utara Tinjau Lokasi Korban Puting Beliung Rumah dan Kios Milik Pedagang di Simpang Rangka Kaya Paling Parah

Pj Bupati Aceh Utara, Mahyuzar meninjau lokasi yang diterjang angin puting beliung. Foto: Ist

Aceh Utara-Terjadinya angin puting beliung menerjang Sebahagian wilayah di kabupaten Aceh Utara dini hari, lokasi terparah terjadinya musibah bencana Puting beliung, di kawasan jalan Len pipa kecamatan Tanah luas.

Kurang lebih hampir 80 Unit bangunan/Kios berkontruksi kayu sepanjang jalan Len pipa iti, terlihat porak-porandakan menurut data sementara, ada beberapa rumah warga di dalam tiga gampong di kecamatan Tanah luas yang atapnya di terjang puting beliung. Kamis (17/2024/2025).

Syamsuddin Salah seorang Warga yang Kiosnya ikut korban, Ketika kejadian ini terjadi dikataka tidak berselang lama untuk memporak porandakan rumah kios-kios warga, di kawasan dimaksud, anggin di sertai hujan tersebut datang dengan tiba-tiba, dan tak lama berselang langsung hujan lebat, "setelah datang angin puting beliung hanya sekitar lebih kurang 15 menit memporak porandakan bangunan milik warga di sekitar jalan Len pipa.

Kami hanya bisa menyelamatkan diri dan berlindung saat terjadinya terjangan angin puting beliung yang datang, warga itu mengungkapkan banyak banyak bangunan yang tertimpa musibah tersebut hanya pasrah saat kejadian itu terjadi.

Mereka hanya bisa melihat terjangan angin yang menghantam Kios-kios dagangan tempat mereka berjualan saban hari.' jelasnya.

Setelah beberapa saat kejadian angin puting reda, rombongan Pj Bupati Aceh Utara bersama rombongan, pihak dinas terkait yang di kawal personel anggota Polres Aceh Utara datang ke lokasi setelah magrib.

Rombongan Pj Bupati Aceh Utara melakukan pendataan dan mensterilkan lokasi kejadian,bdan pihak BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) yang datang bersama rombongan, melihat langsung kejadian, mendata kios-kios dan rumah warga yang tertimpa musibah di kawasan tersebut.

Atas kejadian ini diperkirakan ada puluhan rumah warga yang terkena angin puting beliung, sebagian warga ada yang membersihkan puing sisa terjangan angin puting beliung dan di bantu personel anggota TNI-Polri, BNPB dan Tim dari dinas Sosial.'ungkapnya warga di lokasi

Sementara itu, BPBD kabupaten Aceh Utara, menyebutkan laporan sementara pihaknya, musibah bencana Puting beliung yang menimpa Sebahagian kecamatan di kabupaten Aceh Utara dini hari, dan kerusakan yang terjadi akibat puting beliung dimaksud, berada di Tiga Kecamatan. 

Yaitu. Kecamatan Tanah Luas, Matang Kuli, dan Langkahan. Kerusakan yang terjadi berupa rumah penduduk dan kios-kios dagangan warga, lokasi terparah berada di seputaran Kecamatan Tanah Luas, khususnya kawasan jalan Len pipa atau Simpang Rangkaya. 

"Dan itu masih laporan sementara, kemungkinan jumlahnya akan bertambah, karena pendataan lengkap masih terus diinput di lapangan oleh masing-masing Kecamatan. Bisa jadi laporan kerusakan bisa terus bertambah", ungkap Saifullah.