Pewarta: T. MUHAMMAD RAJA Hp/Wa: 0852-8290-3462
Selasa, Juni 11, 2024, 13.38
Last Updated 2024-06-11T06:39:00Z
Aceh UtaraNANGGROE

Sekcam Pirak Timu Selain Kekosongan 8 Pejabat Definitif, Jabatan Camat Juga Banyak PLT di Aceh Utara


Aceh Utara, Salah seorang anak pejuang Aceh Merdeka Samsul Bahri, S.Sos ,MAP yang Juga sebagai Mantan BEM dan Aktivis Unimal, menyebutkan selain Kekosongan 8 Pejabat Definitif di Aceh Utara.

Juga terjadipada Jabatan Camat dibeberapa Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara, seperti mengalami kekosongan Camat di kecamatan-kecamatan selama ini, dan hanya ditunjuk PLT  untuk menjalankan roda pemerintahan di tingkat kecamatan."Sebut Samsul

Ia berkata, bagaimana terujunya  meningkatkan kulaitas dan pelayanan kepada masyarakat bila kondisi georgrafis ditingkatkan daerah dan kecamatan demikian rupa, ini perlu  memaksimalkan peran terutama di kecamatan-kecamatan, sebagai perangkat daerah terdepan dalam melaksanakan pelayanan publik.

Sebagaimana, Pada pasal 226 Undang-undang Nomor 23 Tahun 201 tentang Pemerintahan daerah, disebutkan bahwa pelimpahan kewenangan bupati/walikota kepada camat ditetapkan dengan keputusan bupati berdasarkan pemetaan layanan publik yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pada kecamatan dimaksud.

Camat selaku pemimpin di tingkat kecamatan serta koordinator penyelenggara pemerintahan di wilayah kerja Kecamatan, dalam pelaksanaan tugasnya memperoleh  pelimpahan sebagian kewenangan dari Bupati untuk menangani  sebagian urusan otonomi daerah dan menyelenggarakan tugas umum pemerintahan kecamatan.

Terkait dengan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan  dikecamatan Pirak Timu juga mengalami kekosongan camat, PLT juga belum ada yg ditunjuk  yang mana camat zukhirullah,S.Sos sudah memasuki pensiunan tgl 1 Juli 2024, sekarang sudah mengambil cuti tahunan dan beliau dalam keadaan sakit."Terangnya

Untuk tidak terhambatnya pelayanan terhadap masyarakat selama ini, tugas dan tupoksi camat dikecamatan Pirak Timu dan pelayanan masyarakat dilaksanakan oleh sekcam Samsul Bahri, S.Sos, M.A.P selama ini.

Tambanya, yang dijalankan Mengkoordinasikan segala kegiatan pemberdayaan masyarakat, dan upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum di wilayah kecamatan pirak timu.

Disamping itu tugas Sekcam secara garis besar, mempunyai peran strategis dalam pembinaan dan pengawasan pada Gampong-gampong di wilayah kecamatan pirak timu.