Pewarta: T. MUHAMMAD RAJA Hp/Wa: 0852-8290-3462
Rabu, Mei 15, 2024, 01.05
Last Updated 2024-05-14T18:05:02Z
Aceh UtaraNANGGROE

Asap Kebakaran Sampah di TPA Alue Lim Lhokseumawe, Berbau dan Cemari Lingkungan


Lhokseumawe-Kebakaran melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Gampong Alue Lim kecamatan Blang Mangat  Kota Lhokseumawe, membaut lingkungan di sekitarnya jadi terganggu akibat kabut asap dan bau nyengat yang keluar dari sampah terbakar tersebut. Selasa (14/5/2024)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DLHK Kota Lhokseumawe Syuib, mengatakan setidaknya ada empat kali dan beberapa unit mobil tangki Dinas DLHK yang dikerahkan untuk memadamkan api di lokasi TPA, dan hingga  malam kini masih berlangsung proses pemadaman. "Personelnya yang dikerahkan untuk Proses pemadaman masih berlangsung di lokasi," kata Syuib

Ia mengatakan kebakaran yang melanda gunungan sampah di TPA Alue Lim itu, sudah berjalan hampir seminggu. "Namun upaya dan tindakan pemadaman telah beberapa kali dilakukan," memang kemaren sempat tidak terlihat lagi asapnya.

Kebakaran sampah di TPA Alue Lim, terjadi disebabkan faktor cuaca panas, dan pun pihak petugas terkendala melakukan pemadaman, berhubung banyaknya sampah yang menumpuk dan tidak bisa di lewati mobil tangki Langsung ketitik api, karena kebakaran terjadi di ujung tumpukan sampah."Jelasnya

Pantauan awak media ini di lokasi, terlihat asap tebal dan berbau beterbangan menyelimuti jalan Elak dan sangat jelas terlihat di SPBU yang tak jauh dari lokasi TPA Alue Lim tersebut, sehingga para pengguna jalan elak terpaksa harus extra hati-hati, akibat terganggu penglihatan, yang di perkirakan jarak pandang yang terlihat berkisar 10 Meter.

(Editor T.M.Raja)