Pewarta: T. MUHAMMAD RAJA Hp/Wa: 0852-8290-3462
Selasa, April 02, 2024, 00.03
Last Updated 2024-04-30T00:57:49Z
Aceh UtaraNANGGROE

Tokoh Masyarakat Nibong Apresiasi Kelompok Tani Desa Ranto, Meski Wuduk Krueng Pasee Tak Kunjung Selesai Upayakan Pompanisasi


Aceh Utara - Petani di sembilan (9) kecamatan di Aceh Utara sudah bertahun - tahun tidak bisa turun ke sawah karena belum selesainya pengerjaan irigasi Krueng pasee.

Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kehidupan perekonomian masyarakat, di mana di ketahui hampir 90% masyarakat adalah petani khusunya di kecamatan Nibong.

Tapi tidak demikian dengan masyarakat desa Ranto kecamatan Nibong, di bawah kelompok tani aula tani jaya Yang di ketuai oleh Mukhtaruddin mereka berhasil mengupayakan pompanisasi air kesawah warga yang ada di desa tersebut.

Kepada awak media Mukhtaruddin selaku ketua kelompok tani Aula Tani Jaya Mengatakan kegiatan ini berawal ketika dirinya melihat nasib petani yang selama ini menggantungkan kehidupan di sektor persawahan tapi tidak bisa kesawah karena tidak adanya irigasi pasca rusaknya irigasi Krueng pasee.

Awalnya Saya bersama pak geusyik desa Ranto secara sukarela mengupayakan bagaimana supaya kami bisa mengairi sawah masyarakat, saat itu kami secara swadaya masyarakat mengadakan mesin pompa dan insyaALLAH berhasil, meski sempat berhenti beberapa saat karena kendala keuangan.

Tapi karena banyak ibuk-ibuk yang meminta pada kami untuk melanjutkan kegiatan tersebut, di karenakan mereka sangat berharap bisa turun kesawah, karena selama ini sawahlah yang menjadi penopang kehidupan mereka.

Hal ini tentu saja membuat saya sangat prihatin, lanjut Mukhtaruddin, mulai saat itu saya dan pak geusyik desa Ranto mencari solusi dan memohon bantuan dari dinas pertanian, Alhamdulillah keinginan kami ini mendapat respon yang baik dari dinas dan kami diberi bantuan pinjam pakai mesin pompa, berkat dukungan dari semua pihak hari ini petani desa Ranto sudah ada yang mulai panen.

Saya selaku ketua kelompok tani Aula Tani Jaya Mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan kami, kami berharap untuk kedepan kami bisa memiliki mesin pompa yang permanen, agar petani tidak khawatir lagi kekurangan air untuk sawah-sawah mereka.

Sementara itu geusyik desa Ranto Sofyan Mengatakan dirinya akan mengupayakan apa saja supaya masyarakat nya bisa turun ke sawah, karena menurut geusyik jika masyarakatnya tidak bisa turun kesawah maka mereka akan mendapatkan pemasukan dari mana, mayoritas masyarakat saya adalah petani.tutup pak geusyik.

Abdurrahman salah satu tokoh di kecamatan Nibong sangat mengapresiasi keberhasilan kelompok tani.aula tani jaya desa Ranto karena telah berhasil membantu permasalahan air di sawah warga, "semoga apa yang di lakukan oleh kelompok tani Aula Tani Jaya Desa Ranto bisa di tiru di desa-desa lain, saya secara pribadi juga mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu, terutama dinas pertanian kabupaten Aceh Utara"