Pewarta: T. MUHAMMAD RAJA Hp/Wa: 0852-8290-3462
Jumat, April 19, 2024, 04.21
Last Updated 2024-04-30T00:57:50Z
Banda AcehNANGGROE

Ratusan Perwakilan Keuchik Se-Aceh, Telah Tiba di Banda Aceh mengikuti Audiensi, Terkait Masa Jabatan Keuchik 8 Tahun


Banda Aceh-Ratusan Keuchik dan Ketua Forum (APDESI) hampir Setiap Kecamatan dan kabupaten/kota di provinsi Aceh, terlihat telah berkumpul di Asrama Haji Aceh, di Jl. Teuku Nyak Arief Jeulingke, Kecamatan. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

Dalam rangka mengikuti Audiensi dengan DPRA dan Pemerintah Aceh besok pagi (19 April 2024) dijadwalkan mulai dari pagi hingga sore, dalam audiensi itu Para perwakilan Keuchik tersebut, akan mempertanyakan terkait Undang- Undang Desa yang sebelumnya masa jabatan Keuchik di Aceh telah di sahkan dalam UUPA Hanya Enam (6) Tahun dua periode.

Dan dianggap terbentur dengan UUD Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang baru disahkan oleh DPR RI, yaitu masa jabatan kepala Desa (Keuchik) menjadi Delapan (8) Tahun.

Menurud informasi yang di kumpulkan awak media ini, dari beberapa perwakilan Para Keuchik atau Forum Keuchik Se-Aceh, Meraka melakukan Audiensi tersebut, untuk Memastikan Implementasi Perubahan Kedua Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, apakah dapat dijalankan para Keuchik di provinsi Aceh.

Pantauan awak media ini di lokasi titik kumpul para perwakilan Keuchik Se-Aceh, di asrama haji, sekira pukul 22: 00 WIB sejumlah perwakilan Keuchik yang telah tiba di asrama haji, sedang melakukan Mapping atau menjelaskan rute kegiatan Besok pagi pada pukul: 09: 00 WIB para perwakilan Keuchik, dijadwalkan melakukan kegiatan dengan berjalan kaki dari asrama haji, ke kantor gubernur Aceh dan menyampaikan petisinya.

Pada pukul 11: 30 WIB para Keuchik kembali ke asrama haji, untuk melakukan sholat Jum'at, kemudian setelah Jum'at, Para Keuchik tersebut, akan berangkat menuju kantor DPR Aceh, untuk menyelesaikan petisinya kembali di DPRA, lanjut para Keuchik akan melakukan dan menyampaikan orasinya di bundaran Simpang Lima Peunayong."

Sejumlah ketua APDESI  Se-Aceh yang sempat di hubungi awak media ini, masing perwakilan APDESI mengaku, tidak kurang dari 100 perwakilan Keuchik setiap kabupaten/kota Se-Aceh, akan hadir dan berkumpul besok, untuk mengikuti Audiensi tersebut, dan di perkirakan lebih dari seribu orang Keuchik Gampong Se-Aceh akan mengikuti Audiensi dimaksud."

(Editor: T.M.Raja)