Pewarta: T. MUHAMMAD RAJA Hp/Wa: 0852-8290-3462
Selasa, Maret 19, 2024, 22.34
Last Updated 2024-04-30T00:57:49Z
Aceh UtaraNANGGROEPENDIDIKAN

Sekolah SIT Madani Lhoksukon, Wujudkan Insan Yang Qur'ani di Bulan Suci Ramadhan 2024


Aceh Utara-Bertujuan Menjadi Sekolah yang Unggul Berbasis dan mengembangkan Karakter yang berpotensi Moder dan Berwawasan Lingkungan, serta Mewujudkan sekolah percontohan dengan membentuk siswa berakhlak Islami dan memiliki jiwa kepemimpinan.

Sekolah SIT Madani yang bernaung di bawah yayasan Amanah Ummat Aceh, sekolah SIT Madani Lhoksukon, dari Tingkat PAUD IT, SDIT dan SMPIT Madani, yang mana setiap bulan bulan Ramadhan para siswa semua sangat antusias mengikuti agenda kegiatan yang bernuansa Islam layaknya pesantren modern.

Ketua Yayasan Amanah Ummat Aceh, Zuraini. SE, mengatakan Sekolah Islam Terpadu Madani Lhoksukon, sejak awal Masuknya bulan Ramadhan 1445 hijriah 2024 ini, Pihak sekolah SIT Madani telah mempersiapkan, metode, materi dan tema pembelajaran di bulan Ramadhan, seperti

“Dekaplah Ramadhan dengan Taqwa, Kobarkan Semangat, dan Wujudkan Insan Qur'ani dalam Momentum Bulan Suci Ramadhan ini Bersama SIT Madani Pasti Bisa”.Terang Zuraini.

Selain itu, Aktivitas Siswa selama bulan Ramadhan ini, mulai dari siswa PAUD/TK IT, SDIT dan SMPIT Madani, mengadakan Tarhib Ramadhan, dalam rangka menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan, melakukan pawai ramadhan, dengan rute dari Mesjid Agung Baiturrahim Lhoksukon.

Para Siswa berkeliling kota Lhoksukon sambil membagikan Imsakiyah, kurma, dan kartu ucapan Ramadhan yang disambut antusiasme oleh masyarakat sekitar, Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa SIT Madani Lhoksukon baik dari tingkat TK, SD, maupun SMP berjumlah ratusan orag siswa yang dampingi oleh para guru dan ustadz.

Dan Kegiatan MHQ yang dikhususkan untuk seluruh dewan guru dan tendik SIT Madani. Para guru menyetorkan hafalan Al-Qur'an dari awal hingga hafalan yang terakhir. Kegiatan ini rutin dilaksanakan selama 3 hari dari awal Ramadhan.

Selain itu, Persiapan Al-Qur'an Camp, Moment tersebut kusus untuk para wali murid dan siswa SD-IT Madani yang mengantarkan kebutuhannya selama Al-Qur'an Camp Ramadhan ini, kegiatan Al-Qur'an Camp bagi siswa SD-IT Madani, Dalam rangka untuk mewujudkan antusias bagi orang tua murid mengantarkan perlengkapan kebutuhan siswa seperti kasur, selimut, pakaian, dan sebagainya, kusus untuk kelas tinggi (4,5,6) siswa SMP-IT Madani."Jelasnya Zuraini. SE.

Lanjutnya, Pesantren Ramadhan
TK-IT Madani Lhoksukon, para Siswa TK-IT selama tiga hari, mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan 1445 H, para siswa belajar hafalan surat pendek, sholat dhuha berjamaah, dan dipandu untuk mengisi buku DIRA (Diari Ramadhan Anak) yang di hari terakhir Pesantren Ramadhan, para siswa TK-IT diberikan hadiah hiburan.

Kegiatan yang telah berlangsung selama Ramadhan ini, yang berkaitan dengan Tema (Alqur'an Camp) pada hari pertama, para Siswa SD-IT dan SMP-IT Madani, yang sudah berkumpul diarahkan untuk mengikuti acara pembukaan bersama oleh Ustadzah Asri Safwanti, S.Pd. Gr. dan Peserta Al-Qur'an Camp merasakan serunya berbuka puasa serta sholat tarawih bersama teman-teman untuk pertama kali di bulan Ramadhan tahun ini.(*)

(Editor: T.M.Raja)