Pewarta: T. MUHAMMAD RAJA Hp/Wa: 0852-8290-3462
Sabtu, Februari 03, 2024, 10.39
Last Updated 2024-02-03T03:39:57Z
ACEH TIMURBanda Aceh

Peringati 25 Tahun Tragedi Idi Cut- Arakundo SPKP HAM & KPA - Aceh Timur Adakan Doa Bersama Dan Santunan Anak Yatim


Aceh Timur-Lembaga Swadaya Masyarakat LSM  Solidaritas persaudaraan Korban pelanggan HAM - Aceh ( SPKP HAM ACEH TIMUR) atau Assosiation Of Human Rights Victim Obose Akan melaksanakan haul atau peringatan tragedi kemanusiaan dan pelanggan HAM berat di simpang Kuala IDI Cut' serta pembuangan jenazah korban ke kreung Arakundo  yang ke 25 ( 03 Februari 2999 - 03 Februari 2024. Yang insya Allah akan kita laksanakan pada hari Sabtu tanggal 03 Februari 2024.

Tragedi Idi Cut,juga dikenal sebagai Tragedi Arakundo, adalah peristiwa pembantaian sipil yang terjadi tanggal 3 Februari 1999 di Idi Cut, Aceh Timur,  Menurut sejumlah saksi mata, peristiwa ini menewaskan tujuh orang dan melukai ratusan orang lainnya. Para pelakunya sampai sekarang belum ditangkap dan diadili.

Peristiwa berdarah itu dipicu karena masyarakat masyarakat Desa Matang Ulim, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, sehari sebelumnya menyiapkan pentas dakwah.

Berbagai segala persiapan mulai dari panggung hingga rangkaian agenda acara sudah tersiapkan dengan matang. Namun isu dakwah terendus aparat. Pihak aparat sempat melarang masyarakat agar tidak menggelar dakwah. Bahkan aparat sempat mengobrak-abrik tempat akan digelar dakwah itu.

Setelah dakwah selesai sekira pukul 00.50 WIB, masyarakat pulang dengan berbagai jenis kendaraan menelusuri jalan Desa setempat untuk keluar menuju jalan nasional Banda Aceh-Medan.

Di tengah jalan, saat hendak masyarakat pulang tiba-tiba di Simpang Kuala Idi Cut mereka ditindas, di berondong dengan senjata, disiksa dengan sangat keji oleh aparat pada saat itu.

"Korban berjatuhan dengan bersimbah. Kami lari kocar-kacir setelah melihat hujanan peluru. Ada kawan saya yang jatuh tertembak ada juga diangkat dibawa dinaikkan ke truk aparat,” kata saksi mata' warga Idi Cut yang menyaksikan kejadian tersebut.

Bahkan saat terjadinya kejadian itu hingga menyebabkan kemacetan dahsyat di jalan raya semua kendaraan terhenti dari barat maupun timur.