Pewarta: T. MUHAMMAD RAJA Hp/Wa: 0852-8290-3462
Rabu, Januari 03, 2024, 15.51
Last Updated 2024-01-12T22:19:55Z
LANGSANANGGROE

Kemenag Kota Langsa Apel HAB ke-78 2024 di MTsN 1 Langsa


Banda Aceh-Apel peringatan HAB ke-78 Kemenag RI Tahun 2024 di Kankemenag Kota Langsa berjalan hikmat dan lancar, Rabu, 03 Januari 2024.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Langsa, H Fadhli SAg pada Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama RI di halaman MTsN 1 Langsa itu menegaskan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam lingkungan Kementrian Agama Kota Langsa untuk mejaga neteralitas menjelang Pemilu 2024 demi terciptanya keharmonisan dan menjaga kedamaian serta kenyamanan bersama.

“Bila ada ASN kami yang terlibat dalam politik praktis, maka silahkan melaporkan hal tersebut, karena secara ketentuan dan aturan yang sudah ada seorang ASN tidak boleh melakukan politik praktis,” ujar 

Sementara Menteri Agama RI, H Yaqut Cholil Qoumas dalam pidato yang dibacakan Kakankemenag Kota Langsa, H Fadhli mengatakan spirit ganda ini harus diwujudkan dalam bentuk amal bakti yang semakin mendalam dan paripurna.

Hari Amal Bakti tentu tidak semata-mata sebuah nama, namun di dalamnya terkandung harapan dan tekad untuk pengabdian kita kepada seluruh umat beragama.

“Pada peringatan HAB ke-78, saya mengajak kita semua untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan kita mewujudkan segala cita-cita dibentuknya Kementerian Agama,” ajaknya.

Sebagai lembaga yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan, tugas Kementerian Agama tidaklah ringan. “Tugas berat kita adalah menjaga keharmonisan kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional,” tegasnya.

Selain itu, kita juga mempunyai tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama. Bekal pendidikan agama yang moderat adalah fondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan.

Pada momentum HAB ke-78 Kementerian Agama ini, seluruh ASN Kemenag diajak untuk meningkatkan semangat layanan kepada seluruh umat beragama. “Oleh karena itu, mari wujudkan birokrasi yang mengabdi. Kita layani umat dengan senang hati, riang gembira, dan penuh pengabdian,” tuturnya.

Upacara yang dirangkai adalah penyerahan tanda penghargaan dari Presiden Republik Indonesia berupa Satya Lencana Karya Satya bagi ASN yang memasuki masa kerja 10 tahun hingga 30 kepada 24 ASN dalam lingkungan Kemenag Kota Langsa.

Selain itu juga penyerahan hadiah kepada pelajar berprestasi dari MIN 1, MIN 2, MIN Terpadu dan MTsN 1 Langsa sebanyak 22 pelajar serta penyerahan bingkisan kepada para ASN yang memasuki masa purna bakti, Santunan anak yatim, penyerahan piagam penghargaan kepada guru dan pegawai berprestasi.

Apel dihadiri oleh Kasubbag Kemenag Kota Langsa, Jafar, S.Sos.I, para Kepala KUA, Kepala MI, MTsN dan MA dalam wilayah Kota Langsa, dan seluruh pegawai dilingkungan kankemenag Kota Langsa serta berakhir dengan lomba tarik tambang dan donor darah.[]

Sumber: Kanwil Kemenag Aceh 

Editor : Nida Azkia
Fotografer : Danil