Pewarta: T. MUHAMMAD RAJA Hp/Wa: 0852-8290-3462
Senin, Desember 04, 2023, 22.17
Last Updated 2024-01-12T22:19:55Z
Aceh UtaraNANGGROE

Bulan Bintang Berkibar di Milad GAM ke-47 Wilayah Pasee, Akan Berlanjut Saat Prabowo Kompanye di Aceh, Benarkah Itu?


Aceh Utara-Suasana haru dan khidmat menyelimuti Lapangan PT Pema Global Energi (PGE) Cluster I Kecamatan Syamtalira Aron, Aceh Utara, pada hari Senin.

Upacara yang memperingati Milad ke-47 Gerakan Aceh Merdeka (GAM) menjadi sorotan utama, diwarnai dengan pengibaran bendera bulan bintang yang berkibar gagah. 

Pada peringatan yang penuh makna ini, warga Aceh Utara tak hanya merayakan Milad GAM, melainkan juga menggelar berbagai rangkaian kegiatan.

Selain milad, juga dilaksanakan Maulid Nabi Muhammad SAW, santunan anak yatim, serta pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aceh Utara. Pengibaran bendera diiringi takbir dan kumandang azan yang berlangsung sekitar dua jam.

Ketua DPW Partai Aceh Kabupaten Aceh Utara, M Jhony mengatakan, pengibaran bendera bulan bintang merupakan momentum dalam memperingati milad GAM.

Jhony menyoroti perlunya komitmen yang kuat dari kedua belah pihak untuk menjaga dan melanjutkan proses perdamaian.

"Saat Milad GAM seperti ini, kita berharap pemerintah pusat segera mengimplementasikan perjanjian yang telah ada. Salah satu perjanjian yang masih tertunda adalah soal bendera," ungkap Jhony dengan tegas.

Ia menambahkan bahwa langkah-langkah konkret terus diambil untuk mencegah adanya pengkhianatan terhadap perjanjian tersebut.

Momentum Milad ke-47 GAM di Aceh Utara bukan hanya sekadar peringatan sejarah, melainkan panggilan untuk mewujudkan perdamaian yang kokoh dan berkelanjutan di tanah Aceh yang damai.

Dia juga menyinggung butir-butir perjanjian di Helsinki, Finlandia, antara GAM dan Pemerintah Indonesia. Menurutnya, sebagian besar poin perjanjian belum terealisasi.

Dan ia meminta pemerintah pusat untuk memenuhi seluruh isi perjanjian yang mengakhiri konflik panjang di Aceh itu.

“Kami terus lakukan langkah politik agar pemerintah pusat memenuhi seluruh isi perjanjian. Sehingga, perjanjian damai ini berdampak pada kesejahteraan rakyat Aceh,” tutur dia. Selain itu, Jhony berharap pemerintah pusat tidak berkhianat pada masyarakat Aceh. “Kita harap tidak ada lagi isi perjanjian yang tidak direalisasikan oleh pemerintah pusat,” ungkap dia

Komit Partai Aceh Dukung Kemenangan Prabowo-Gibran di Pemilu 2024

Sesuai Komitmen, dan keputusan Ketua Umum Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh (DPA PA), Muzakir Manaf menargetkan perolehan kursi di tingkat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh meningkat di Pemilu 2024 mendatang. 

Pria yang akrab disapa Mualem itu, juga pernah berpesan dalam memperoleh suara rakyat, oleh masing - masing Kandidat pasti ada kepentingan tersendiri, Namun para Caleg diharapkan jangan sampai meninggalkan partai  dan mengabaikan kepentingan masyarakat serta kadernya,"  ujar Mualem saat peusijuek Bacaleg Partai Aceh di Kantor DPA PA, Batoh, Kamis, 11 Mei 2023.

Dan Mualem Juga berpesan pada kadar Partai Aceh (PA) untuk komitmen melakukan dan mendukung kemenangan Prabowo dan Gibran sebagai calon presiden (capres) calon wakil presiden (cawapres) di Pemilu 2024 ini.

Dukungan tersebut disampaikan Muzakir Manaf usai pelantikan Pengurus DPP PA di Hermes Palace Hotel Banda Aceh, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Alasan PA mendukung Prabowo menurut Mualem karena Ketua umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) tersebut mempunyai hubungan yang cukup baik dan lancar dengan partai Aceh yang dipimpin oleh nya, "Karena komitmen beliau kepada Partai Aceh selama ini cukup baik, mudah-mudahan kali ini Prabowo-Gibran bisa duduk di kursi Tampuk pimpinan Negara Pancasila (Presiden-RI) Kita harapkan begitu," ujar Mualem.

Prabowo-Gibran Akan Berkopanye Dua Kali di Aceh

Menurut Informasi yang berkembang di kalangan penduduk Prabowo-Gibran, Calon presiden (Capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto, dijadwalkan bakal berkampanye di Aceh sebanyak dua kali.

Selain Berkopanye di Banda Aceh, Prabowo bersama Tim juga sekaligus akan berkunjung ke Politeknik dan Waduk Keliling, Indrapuri, kemungkinan Prabowo dan Gibran akan berkampanye di Aceh Utara.

Sementara itu, Menurut informasi yang di dapatkan dari Ketua Koordinator Juru Bicara Tim Kampanye Daerah (TKD) Aceh Prabowo-Gibran, Nurlis Effendi.

"katanya Prabowo saja yang datang ke Aceh tidak ikut Gibran, Prabowo dijadwalkan bakal berkampanye sebelum pertengahan Desember dan pekan terakhir Januari 2024 mendatang di Aceh.

Beredarnya Isu Pengibaran Bendera Bulan Bintang Akan Berlanjut

Menurut informasi yang berkembang di masyarakat dalam wilayah kabupaten Aceh Utara bagian tengah, setelah berkibarnya bendera Bulan bintang di Acara milad GAM ke-47  2023 yang dilaksanakan di Lapangan PT Pema Global Energi (PGE) Cluster I Kecamatan Syamtalira Aron hari ini tanggal 4 Desember 2023.

Dan tersebarnya informasi dari mulut ke mulut, ketika datangnya Prabowo ke Aceh Utara untuk berkampanye, masyarakat yang hadir kelokasi di lapangan PGE cluster I Syamtalira Aron, untuk membawa dan mengkantongi bendera Bulan bintang dan mengibarkannya di hadapan Prabowo nantinya, begitu Isu yang berkembang di masyarakat.

Entah darimana informasi tersebut, berawal timbul, ketika awak media ini bertanya pada warga itu, ia juga dapat info dari orang lain lagi di Acara milad GAM tersebut, "saya dengar kalau Prabowo datang ke Aceh Utara nanti, hari Jum'at tanggal 8 Desember, Prabowo Kompanye di lapangan tempat milad GAM ini.

Kalau masyarakat yang mau datang ke acara Kompanye itu, agar membawakan bendera Bulan bintang, katanya untuk disahkan oleh pemerintah pusat, di usulkan oleh Prabowo."Terang seorang masyarakat di tanah luas."*